Kelebihan dan Kelemahan Xiaomi Mi Mix


Seputarharga.com – Pecinta smartphone Xiaomi kembali mendapat kejutan dari pabrikan Xiaomi. Pasalnya Xiaomi Mi Mix hadir dibalik pengunjung yang tengah tertuju pada Mi Note 2. Xiaomi Mi Mix dikenalkan oleh CEO Xiaomi Lei Jun di area gymnasium, Peking, University, Bejing, Toingkok. Dalam acara tersebut Lei Jun mempresentasikan Xiaomi Mi Mix secara gamblang. Mulai dari desain hingga kekuatan dalamnya.

Pada perhelatan di Beijing, Tiongkok tersebut Lei Jun sebagai CEO memperkenalkan Xiaomi Mix secara jelas. Desain yang digunakan Xiaomi Mi Mix diserahkan pada desainer kenamaan Phillipe Starck. Desainer ini telah menghasilkan beberapa macam karya yang terkenal, salah satunya mendesain kapal pesiar milik pendiri Apple, Steve Jobs. Oleh karena itu, tidak diragukan lagi desain karya Phillipe Starck begitu fenomenal.  Desain yang dibuat Steve untuk Xiaomi Mi Mix kali ini cukup elegan. Terlihat dari penggunaan bodi di kerangkanya berbahan material keramik. Dengan bahan tersebut Xiaomi Mi Mix  dijamin tahan banting. Seperti yang telah diketahui keramik merupakan salah satu bahan material terkuat setelah berlian. Meskipun kuat, namun Xiaomi Mi Mix dengan berbahan keramik menjadikan bodi agak licin. Selain itu, kelemahan berbahan keramik yakni mudah meninggalkan bekas sidik jari. Kelemahan ini mirip dengan smartphone lain yang berbahan material kaca di lapisan belakang.

xiaomi mi mix

Layar yang ditawarkan Mi Mix 6,4 inchi dan dapat dikategorikan phablet (phone-tablet). Dibuat menggunakan teknologi IPS dengan resolusi layar 1080 x 2040 pixels. Ketajaman yang dihasilkan mencapai 362 ppl. Warna dan tingkat kecerahan menyajikan tampilan yang memukau. Karena warna-warna yang cerah bisa diakomodir secara baik. Rasio bodi yang cukup besar maka aspect rasio Xiaomi Mi Mix berbeda dengan ponsel pada umumnya. Meskipun begituponsel ini mampu mengakomodir kebutuhan bermain game dan menonton film dengan baik.

Performa yang dihasilkan dari jeroan Xiaomi Mi Mix menggunakan chipset yang sama dengan Mi Note 2.  Xiaomi Mi Mix menggunakan Qualcomm Snapdragon 821 dengan core berjumlah 4 dan diperkuat memiliki kecepatan komputasi maksimal 2,34 GHz. RAM yang ditawarkan terdapat dua pilihan, RAM 4 GB dan 6 GB dengan memori internal 128 GB. Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan daya Xiaomi Mi Mix menggunakan baterai dengan kapasita 4.400 mAh. Kapasitas tersebut dapat bertahan hingga satu hari penuh. Ketika jeroan Mi Mix diuji dengan dua metode yakni CPU dan GPU membuahkan hasil yang cukup baik. Dengan metode pengujian CPU diperoleh skor 1.809 untuk single-core dan 4.175 untuk multi-core. Keduanya performanya berada di atas Samsung Galaxy S7 dan Oneplus 3. Sementara itu, untuk pengujian kartu grafis GPU skor yang diperoleh 7.435. Scor CPU yang diperoleh Mi Mix juga berada di atas Galaxy s7 maupun motorola Nexus 6P. Tidak hanya itu, ponsel ini juga memiliki keunggulan fitur yang berbeda dengan lain. Ponsel ini memiliki fitur Dual Apps dan Dual Persona. Melalui fitur Dual Apps ini pengguna dapat menggunakan aplikasi dua sekaligus dalam satu handphone.

Untuk kamera yang dihasilkan Xiaomi Mi Mix menawarkan 16 MP untuk kamera belakang. Sementara kamera depannya Mi Mix ini menggunakan 5 MP. Kamera yang dihasilkan cukup bagus dan tidak terlalu buruk di kelasnya. Hanya saja kelemahan kamera Xiaomi Mi Mix terjadi saat malam hari. Hasil yang dihasilkan ketika berfoto di gelap atau suasana yang temaram kurang begitu bagus. Hasilnya agak gelap dan masih ada noisenya pada gambar.

Harga Xiaomi Mi Mix cukup sesuai dengan performa yang dihasilkan. Harga yang dipatok yakni 3.499 yuan atau 6,7 juta rupiah. Ponsel ini segera rilis di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia yang mayoritas masyarakatnya menggunakan ponsel smartphone.

Subscribe to receive free email updates: